Keterangan :

isi blog

Rabu, 01 Februari 2012

ISTILAH ILMU FARMAKOLOGI


ISTILAH ILMU FARMAKOLOGI

a.       Farmakologi, ilmu yang mempelajari Mmengenai segala hal tentang obat meliputi sejarah dan asal obat, sifat fisik dan kimianya, cara pembuatan dan pencampuran, efek terhadap biokimia tubuh, mekanisme kerja, absorpsi dan distribusi, biotransformasi, eksresi, efek samping, toksisitas dan penggunaan obat dalam terapi.
b.      Farmakodinamika,  mempelajari kegiatan obat terhadap organisme hidup terutama cara dan mekanisme kerjanya, reaksi fisiologi, serta efek terapi yang ditimbulkannya. Singkatnya farmakodinamika mencakup semua efek yang dilakukan oleh obat terhadap tubuh.
  1. Farmakognosa, mempelajari pengetahuan dan pengenalan obat yang berasal dari tanaman dan zat – zat aktifmya, begitu pula yang berasal dari mineral dan hewan.
  2. Farmakokinetika, meneliti perjalanan obat mulai dari saat pemberiannya, bagaimana absorpsi dari usus, transpor dalam darah dan distrtibusinya ke tempat kerjanya dan jaringan lain. Begitu pula bagaimana perombakannya (biotransformasi) dan akhirnya ekskresinya oleh ginjal. Singkatnya farmakokinetika mempelajari segala sesuatu tindakan yang dilakukan oleh tubuh terhadap obat.
  3. Farmasi, adalah suatu profesi yang berkaitan dengan kesehatan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan kesehatan dan kimia. Farmasi adalah suatu profesi di bidang kesehatan yang meliputi kegiatan-kegiatan di bidang penemuan, pengembangan, produksi, pengolahan, peracikan, dan distribusi obat. Dalam ilmu farmasi ada empat bidang yang dipelajari, yaitu farmasi klinik, farmasi industri, farmasi sains, dan farmasi obat tradisional. Kemampuan penunjang yang harus dimiliki adalah senang dan familiar dengan fisika, kimia, biologi, dan matematika; ketelitian dan kecermatan; hapalan dan kemampuan analisa; dan suka bekerjadi laboraturium.
f.       Toksikologi adalah pengetahuan tentang efek racun dari obat terhadap tubuh dan sebetulnya termasuk pula dalam kelompok farmakodinamika, karena efek terapi  obat barhubungan erat dengan efek toksisnya.

 
ISTILAH ILMU FARMAKOLOGI
ISTILAH ILMU FARMAKOLOGI
ISTILAH ILMU FARMAKOLOGI
ISTILAH ILMU FARMAKOLOGI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar